VIVAnews – Yamaha
Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja mengubah motor sport racikannya,
V-Ixion. Dengan tampilan baru, Yamaha optimis V-Ixion tetap menjadi motor sport
paling laris di Tanah Air.Kali ini, VIVAnews mendapatkan kesempatan langsung
untuk mencicipi New V-Ixion Lightning. Yang kebetulan digunakan dalam touring
Jakarta-Bogor-Puncak bersama Forum Wartawan Otomotif.Sebelum menjelaskan
performa, VIVAnews akan membeberkan sedikit perubahan pada New V-Ixion
Lightning.
Secara kasat mata, meski tetap sama menggunakan rangka deltabox, bodinya terlihat lebih besar, terutama pada bagian tangki yang menggelembung, padahal kapasitas tangki bensin masih tetap sama, yaitu 12 liter.Yang istimewa dari tangki ini adalah lekukan desain yang dibuat lebih modern dan futuristik, ditambah lagi double key shutter.Dimensi motor ini memang mengalami revisi, mulai dari panjang yang awalnya 2.000 mm menjadi 2.010 mm, sedangkan tinggi motor lebih rendah dari 1.035 mm menjadi 1.030. Sementara lebar tetap sama.
Namun berat New V-Ixion Lightning bertambah, yang awalnya 125 kg jadi 129 kg.Motor 150cc ini terlihat lebih kekar di bagian kaki-kaki, itu berkat penggunaan ban depan berukuran 90/80-17M/C 46P dan ban belakang 120/70-17M/C 58P.Aura sporty makin kental, dimana behel (hand grip) bagian penumpang langsung menempel dengan bodi. Sayangnya, saat mencoba menggenggam sedikit sulit lantaran sempit.Hal lain yang mengganjal dari motor ini adalah posisi plat nomor yang terletak di atas headlamp. Namun, Yamaha beralasan itu sengaja didesain agar plat nomor tidak menghalangi hembusan angin ke arah radiator.
Performa
Saat menyalakan
kunci starter, Yamaha menerapkan high tech speedometer. Hal itu dapat dilihat
saat memutar kunci kontak ke On, lampu indikator menyala, tulisan “Hi Bro”
menyapa, dan suara mesin pun mulai meraung.Untuk Anda yang
memiliki tinggi badan 165 cm, jarak kaki menapak ke tanah tidak perlu terlalu
jinggit. Hanya saja posisi stang terasa jauh. Namun, bagi Anda yang memiliki
tinggi badan di atas 165 cm tidak terlalu bermasalah.Saat mulai melaju,
tarikan gas New V-Ixion Lightning rupanya sangat responsif. VIVAnews mencoba
menggeber motor hingga 100 km/jam. Hasilnya, motor tidak melayang alias stabil.Tapi karena kondisi
jalan yang cukup ramai dan harus memperhatikan aspek keselamatan, niat untuk
terus membentot gas harus ditahan. Meski tenaga yang dihasilkan dari mesin
masih sangat banyak.
Tenaga New V-Ixion
Lightning memang lebih besar dari tipe lawas, yaitu 12,2 kW pada 8.500 rpm
dengan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Maka tak heran, motor ini 'galak' di
putaran mesin bawah serta atas.Kondisi jalan
Jakarta-Bogor-Puncak yang masih bergelombang jadi ujian selanjutnya. Dengan
mengadopsi suspensi teleskopik (depan) dan link suspense monocros (belakang),
membuat New V-Ixion stabil dan enak dikendarai saat berada di jalanan rusak
sekalipun.Meski berbodi bongsor,
motor ini tetap gesit bermanuver di tengah padatnya kondisi jalur puncak.
Memiliki ban lebar membuat pengendara New V-Ixion tak khawatir akan terjadi
slip.
Dengan mengandalkan cakram hidrolik (depan-belakang), piston ganda (depan) serta piston belakang (tunggal), pengereman New V-Ixion cukup mumpuni meski harus berhenti dari kecepatan tinggi.Secara keseluruhan perubahan di New V-Ixion jelas lebih terasa. Banderol Rp22,6 juta versi kick starter dan Rp22,4 juta versi non kick, dinilai pantas untuk bisa memboyong motor ini ke garasi rumah.
sumber: http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/387623-merasakan-galaknya-yamaha-new-v-ixion
oke gan saya udah berkunjung sesuai permintaan agan di blog saya di http://pemikirku.blogspot.com/
BalasHapusterus update posting terbaru agan biar bisa naik terus di dunia blogging ... (y)
Mantaffffff........
BalasHapus